Pages

Pandangan pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan.

1. Pancasila Sebagai Sumber Nilai

Nilai merupakan suatu pernghargaan atau kualitas suatu hal yg dapat menjadi dasar penentu tingkah laku manusia.

a. Nilai-Nilai Kehidupan Bernegara

1. Nilai dasar adalah asas-asas yg diterima sebagai dalil yg kurang lebih mutlak yg berasal dari nilai-nilai cultural atau budaya yang berasal dari budaya bangsa Indonesia itu sendiri.
2. Nilai Instrumental adalah pelaksanaan umum nilai-nilai dasar, biasanya dalam wujud norma social atau norma hukum yg selanjutnya terkristalisasi dalam lembaga-lembaga yg sesuai dengan kebutuhan, tempat dan waktu.
3. Nilai Praktis adalah nilai yg dilaksanakan dalam kenyataan.

b. Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa

Sumber nilai kehidupan bangsa Indonesia adalah sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Di dalam pancasila, terkandung nilai-nilai kehidupan berbangsa. Nilai-nilai tersebut adalah nilai ideal, nilai material, nilai estetis, nilai social, dan nilai religius atau keagamaan.

2. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan

Paradigma berarti cara pandang, nilai-nilai, metode-metode, prinsip dasar, atau cara memecahkan masalah yg dianut oleh suatu masyarakat pd masa tertentu. Dalam pembangunan Nasional, pancasila adalah paradigma karena dijadikan landasan, acuan, metode, nilai dan tujuan yg ingin dicapai setiap program pembangunan Negara Republik Indonesia.

a. Visi Pembangunan Nasional

Visinya adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yg damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dan sejahtera dalam wadah Negara Republik Indonesia yg didukung oleh manusia Indonesia yg sehat, mandiri dan disiplin.

b. Misi Pembangunan Nasional

1. Pengamalan pancasila secara konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2. Penegakan kedaulatan rakyat dalam segala aspek kehidupan.
3. Peningkatan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
4. Penjaminan kondisi aman, damai, tertib, dan tentram.
5. dll

Dhedet Pratama

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment