Pages

Makan di Depan Komputer Bikin Tubuh Gemuk

Dua pertiga dari 5.000 karyawan harus makan siang sambil meneruskan pekerjaan. Kebiasaan makan di depan komputer ternyata dapat berdampak signifikan terhadap berat badan Anda, yakni membuat bobot bertambah lebih cepat.

Menurut hasil penelitian kecil yang dipimpin Jeffrey Brunstrom dari Universitas Bristol, Inggris, kebiasaan makan siang di depan komputer dapat memacu nafsu makan terutama saat melahap menu dessert (hidangan penutup).

Dalam penelitian melibatkan 44 pria dan wanita, para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang makan siang sambil nge-game selalu menutup santapannya dengan makan kue lebih banyak selang 30 menit kemudian. Jumlah kue yang dimakan lebih banyak dibanding relawan yang makan siang tanpa gangguan.


Kelihatannya, masalahnya adalah pengguna komputer mengalami ingatan yang lebih kabur tentang momen santap siang mereka dan merasa kurang kenyang setelahnya.

Riset ini mengindikasikan bahwa faktor distraksi seperti komputer dan TV dapat mengubah memori mengenai waktu makan, yang pada gilirannya memberi pengaruh pada nafsu makan.

Brunstrom menyatakan, ingatan terhadap aktivitas makan memengaruhi jumlah makanan yang akan kita santap kemudia. Riset ini tampaknya mendukung saran bahwa Anda sebaiknya menghabiskan lebih banyak waktu untuk sadar akan apa yang Anda makan. Beberapa kelompok pemeluk agama Buddha menegaskan kalau Anda seharusnya benar-benar sadar terhadap apa yang Anda makan.

"Ketika daya ingat kita buruk, maka ketika kita akan menghadapi santapan berikutnya, kita cenderung untuk memilih dan mengonsumsi makanan dengan jumlah yang lebih banyak," ungkap Brunstrom.

sumber : http://wahw33d.blogspot.com/2010/12/makan-di-depan-komputer-bikin-tubuh.html#ixzz1DcktUVKs

Dhedet Pratama

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment