Pages

Kebiasaan Baik Dalam Pola Hidup Sehat


Kebiasaan-kebiasaaan baik dalam pola hidup sehat yang perlu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, meliputi:

1. Pemeliharaan kebersihan dan kesehatan pribadi, terutama kesehatan kulit, rambut, kuku, mata, telinga, mulut, gigi, tangan, dan kaki, serta memakai pakaian yang bersih. Selain itu tubuh juga perlu gerak dan istirahat yang cukup.

2. Makan makanan sehat, yang memenuhi gizi seimbang. Hidangan gizi seimbang mengandung zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur yang dikonsumsi seseorang dalam satu hari secara seimbang, sesuai dengan kebutuhan tubuh.

3. Makanan yang dimakan juga harus disesuaikan dengan usia dan jenis aktivitas tubuh yang dilakukan, serta keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran energi, sehingga tercapai berat tubuh yang proporsional.


4. Pemeliharaan kesehatan lingkungan, yang berarti menjaga kebersihannya. Untuk itu 3 faktor utama yang harus terpenuhi untuk menjaga kesehatan lingkungan adalah : tersedianya air bersih, ter-akomodasinya pembuangan sampah dan limbah, serta terjaganya kebersihan dan kesehatan kamar mandi, jamban/WC dan peturasan.

5. Pemeriksaan kesehatan yang berkala untuk mengetahui secara dini adanya gangguan kesehatan atau penyakit, sehingga pengobatannya akan lebih mudah daripada jika penyakitnya sudah bertambah parah. Bagi PNS yang usianya dibawah 40 tahun, pemeriksaan kesehatan cukup dilakukan satu kali dalam dua tahun, sedangkan bagi yang sudah diatas 40 tahun atau lebih, sebaiknya setiap tahun dilakukan pemeriksaaan kesehatan.

6. Menghindari kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan seperti merokok dan minum alkohol serta penyalahgunaan obat, narkotik dan zat adiktif lainnya. Juga perlu dihindari terjadinya kontak langsung dengan orang yang menderita penyakit menular.

7. Hindari memakai perlengkapan pribadi orang lain (apalagi milik orang penderita penyakit menular) serpeti sikat gigi, sabun mandi, handuk, pakaian, sendok, gelas dan sisir.

8. Jangan melakukan hubungan seksual diluar nikah, atau berperilaku seksual menyimpang (seperti homoseksual dan seks bebas) karena dapat terkena penyakit menular seksual (PMS), termasuk HIV/AIDS.

9. Mengendalikan stress dengan cara menyelesaikan pekerjaan satu persatu pada satu saat, tidak mengkritik orang lain, selalu bersikap ramah dan selalu mendekatkan diri Kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta cukup tidup teratur setiap harinya sehingga badan akan mendapatkan kesegaran pada hari berikutnya.

Dhedet Pratama

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment