Pages

Keuntungan Lain Pemberian Air Susu Ibu

Resiko kontaminasi lebih kecil

          Air susu ibu yang diisap langsung oleh bayi dari payudara lebih kecil kemungkinannya terkontaminasi kuman pathogen, dan dengan demikian insidens infeksi neonental akan berkurang. 

          Dalam abad dimana bahaya kontaminasi debu radioaktif sangat banyak dibicarakan, maka perlu dicatat bahwa air susu mengandung strontium-90 yang jauh lebih rendah dibandingkan air susu bayi.
 Perlindungan

        Factor-faktor perlindungan ada di dalam kolostrom dan air susu ibu, seperti yang telah disebutkan, ialah immunoglobulin, laktoferin, lisosom, factor bifidus dan factor antitrypsin. Terutama insidens gastroenteritis pada bayi-bayi yang diberi air susu ibu sangat kurang. Fungsi perlindungan immunoglobulin dalam hubungannya dengan alergi juga disebutkan. Apabila terdapat riwayat penyakit keluarga seperti asma dan eczema, maka sangat perlu ibu mempertimbangkan pemberian air susu ibu. 

Komposisi

        Air susu manusia memberikan unsure-unsur (konstituen) makanan dengan keseimbangan yang tepat bagi pertumbuhan manusia. Dan lain pihak, air susu sapi harus dengan berbagai cara sebelumnya dapat diterima oleh bayi manusia yang kecepatan tumbuhnya jauh lebih lambat dibandingkan dengan pertumbuhan anak sapi. Bayi yang diberi air susu sapi cenderung mempunyai pertambahan berat badan yang jauh lebih cepat daripada bayi yang diberi air susu ibu, tetapi pertambahan berat badan ini tidka berarti menunjukkan perkembangan yang sehat. 

        Masih terdapat beberapa pemikiran bahwa bayi-bayi yang tertentu mengalami intoleransi terhadap air susu sapi dan bahwa inhalasi air susu sapi saat terjadi regurgitasi dapat menyebabkan “mati tersedak”. Hal ini harus disebutkan dalam kelas calon orang tua tetapi tidak boleh dipakai untuk menakut-nakuti ibu yang mudah gelisah dan memaksakan untuk member air susu ibu jika mereka menolak memberikannya. Atau jangan dianggap sebagai satu-satunya kemungkinan penyebab mati tersedak.

Dhedet Pratama

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment