Pages

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dan Ciri-Ciri Mental Sehat



Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dan Ciri-Ciri Mental Sehat

1. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mental Sehat

a. Internal

1) Faktor internal adalah yang berasal dari dalam diri seseorang, misalnya sifat pemarah, halus, talenta dibidang kesenian, dan sebagainya.

2) Faktor keturunan juga cenderung memegang peran terhadap mental seseorang, misalnya intelektualitas, emosi dan potensi. Contoh intelektualitas: mampu menyelesaikan masalah dengan bijak.

b. Eksternal

Yang dimaksud dengan faktor eksternal adalah faktor-faktor yang ada di luar diri manusia dan dapat mempengaruhi mental (cara berfikir dan cara berperasaan berdasarkan hati nuraninya).
Misalnya pendidikan agama (keyakinan), status sosial, hukum, budaya, dan sistem pemerintahan. Lingkungan keluarga, masyarakat dan pekerjaan juga dapat mempengaruhi kesehatan mental baik secara positif maupun negatif. Contoh positif: jika dalam keluarga terbiasa hidup teratur, maka dalam bekerja sehari-hari juga akan cenderung disiplin. Sebaliknya kebiasaan berbohong di rumah dapat mengarah ke perbuatan korupsi di kantor.


2. Ciri-ciri Mental Sehat

Menurut pemahaman dari pakar agama, orang yang bermental sehat adalah mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

a. Jujur (sidik), yaitu orang yang setia, ikhlas, bertanggungjawab, terbuka dan tulus.
b. Terpercaya (amanah), yaitu orang yang dapat dipercaya baik dalam bersikap, berbicara maupun dalam berbuat, jadi tidak munafik.
c. Adil yaitu orang yang bisa melihat dan menempatkan permasalahan secara proporsional, obyektif, tidak pilih kasih.
d. Konsisten (istiqomah), yaitu orang yang taat azas, berprinsip, sehingga tidak mudah terombang-ambing oleh lingkungan.
e. Dapat bekerja sama, yaitu orang yang dengan mudah dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Dari berbagai sumber selain ciri-ciri sebagaimana telah dikemukakan, masih dapat dikemukakan beberapa ciri mental yang juga merupakan cerminan dari sifat-sifat berbudi pekerti luhur (Sedyawati, dkk.1997) sebagai berikut:

a. Beriman dan bertakwa, yaitu perilaku yang menunjukkan adanya rasa percaya dan yakin disertai kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

b. Bertanggungjawab, yaitu perilaku yang konsekuen, konsisten dan berani menanggung segala resiko atas apa yang dilakukannya.

c. Berfikir positif, yaitu perilaku yang rasional, kritis, bijak, obyektif dan optimis.

d. Sikap hormat dan sopan santun, menghargai orang lain, dan berperilaku tertib sesuai adat istiadat atau norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

e. Dewasa, yaitu perilaku yang wajar, terkendali, tidak kekanak-kanakan.

f. Disiplin, yaitu perilaku yang menunjukkan pola hidup tertib, teratur dan taat pada aturan/tatanan.

g. Menghargai waktu, yaitu perilaku yang menunjukkan pentingnya memanfaatkan waktu secara optimal untuk kegiatan-kegiatan yang positif.

Dhedet Pratama

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment