Pages

Orang Asli Papua Dapat Pelayanan GRATIS di Puskesmas Kotaraja, Kok Bisa?

Ilustrasi (net)

Jayapura - Puskesmas Kotaraja, Kota Jayapura menggratiskan pelayanan kesehatan bagi orang asli Papua walaupun tidak mengantongi Kartu Papua Sehat.

Alfrida, kordinator bidan di Puskesmas Kotaraja di Jayapura, Selasa (6/9) mengatakan orang Papua yang istrinya non-Papua dan orang non-Papua yang istrinya orang Papua tetap mendapatkan pelayanan gratis.

"Kalau orang Papua yang sama skali tidak memiliki kartu jaminan kesehatan maka pengelola Puskesmas mengarahkan dia untuk menggunakan KPS," katanya.

Alfrida menjelaskan rata-rata pasien yang datang ke Puskesmas Kotaraja menggunakan semua kartu jaminan kesehatan baik itu Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Papua Sehat.

"Orang asli Papua kebiasaan dari dulu dengar pengobatannya gratis maka biar dia punya kartu banyak pun dia tidak ambil," ujarnya.

Lanjut dia, padahal kebanyakan orang asli Papua mengantongi KIS, kartu JKN, dan Jamkesmas namun tidak menggunakan kartu tersebut.

Dia menambahkan biasanya pengelola puskesmas menanyakan pasien tersebut apakah memiliki kartu kesehatan, jika memegang kartu jaminan kesehatan itu lebih dari satu maka diminta untuk menggunakan salah satu dari kartu kesehatan yang dipegang.

"Kalau orang Papua yang sama sekali tidak memiliki kartu jaminan kesehatan maka pengelola Puskesmas mengarahkan dia untuk menggunakan KPS," ujarnya. (an)

Dhedet Pratama

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment