Pages

Selama 2016, 25 TKI Meninggal di Malaysia

Ilustrasi

 Kupang - Sepanjang 2016 kurang lebih 25 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal asal Nusa Tenggara Timur dilaporkan meninggal dunia di negeri Jiran, Malaysia.

"Walaupun terdaftar meninggal dunia, tetapi tidak semuanya dipulangkan ke Indonesia, khususnya ke NTT untuk dimakamkan," kata Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) NTT Tato Tirang kepada Antara di Kupang, Selasa (6/9).

Hal ini disampaikannya menanggapi kembalinya meninggalnya beberapa TKI yang bekerja di Malaysia dan meninggal dunia yang kemudian saat didata memiliki data-data yang tidak valid.

 Ia menjelaskan, tidak dimakamkannya sejumlah TKI Ilegal tersebut karena pihak BP3TKI sendiri kesulitan dalam hal mendata keaslian dari data yang dimiliki oleh TKI yang meninggal.

"Jadi kebanyakan mereka dimakamkan di Malaysia atau di Riau daerah terdekat dengan Malaysia karena kami kesulitan dalam mendata," tuturnya.

Terkait motif dari meninggalnya sejumlah TKI tersebut, Tato mengatakan setiap ada TKI Ilegal yang meninggal laporan yang mereka terima hanya seputar bunuh diri dan meninggal akibat kecelakaan kendaraan bermotor, sementara laporan soal kekerasan oleh majikan tidak pernah diterima.

Lebih lanjut Tato mengatakan, seharusnya masalah TKI ilegal itu bukan menjadi tanggungjawab dari BP3TKI, namun dikarenakan masalah prikemanusiaan maka pihaknya berusaha untuk menolong.

Oleh karena itu ia mengharapkan agar jika ada warga NTT ingin menjadi TKI di luar negeri maka diminta untuk mengikuti prosedur yang ada, sehingga jikalau terjadi sesuatu saat bekerja di luar negeri, pemerintah Indonesia bisa lebih mudah mendapatkan informasi soal TKI yang mengalami masalah.

"Disamping itu juga dilatih lagi untuk bisa menjadi TKI yang lebih profesional. Sebab sejauh ini yang kebanyakan meninggal adalah mereka yang tidak memiliki keterampilan," ujarnya.

Ia juga meminta agar, keluarga yang ingin mengirim anaknya untuk bekerja di luar negeri jangan mudah percaya dengan para perekrut yang merekrut, karena kebanyakan selama ini masalah perdagangan manusia sering terjadi. (an)

Dhedet Pratama

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 comment:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

    ReplyDelete