Pages

SEPAK BOLA - FIFA Izinkan Sejumah Pemain Untuk Perkuat Timnas Kosovo

Timnas Kosovo

Berne - Kosovo mendapat izin untuk memainkan mantan pemain-pemain internasional Albania Samir Ujkani dan mantan pemain Norwegia Valon Berisha pada Senin (6/9), beberapa jam sebelum pertandingan internasional kompetitif pertama mereka.

Ketiga pemain itu diizinkan untuk berpindah kewarganegaraan oleh Komite Status Pemain FIFA, kata juru bicara.

Mereka telah memainkan pertandingan-pertandingan internasional kompetitif dan umumnya tidak akan diizinkan untuk berganti tim, namun FIFA memberi perkecualian kepada Kosovo sebab federasi mereka baru diterima sebagai anggota badan sepak bola dunia pada Mei.

Kosovo akan bertanding melawan Finlandia pada Senin pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Gelandang Finlandia kelahiran Kosovo Perparim Hetemaj telah mengatakan bahwa ia tidak akan bermain pada pertandingan itu.

FIFA mengatakan pihaknya mengizinkan 12 pemain lain untuk bergabung dengan Kosovo, meski kelihatannya itu hanya akan menjadi sekedar formalitas belaka sebab tidak seorang pun di antara mereka pernah memainkan pertandingan internasional kompetitif di level senior untuk tim lain.

Mereka memasukkan Bersant Celina yang pernah bermain di level junior Norwegia dan sekarang sedang dipinjamkan Manchester City ke klub Belanda Twente Enschede.

Ujkani, yang bermain untuk tim Serie B Italia Pisa sebagai pemain pinjaman dari Genoa, telah 20 kali memperkuat timnas Albania dan bermain pada pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2010 dan kualifikasi-kualifikasi Piala Eropa 2012.

Pemain 28 tahun itu, yang tumbuh di Belgia dan menghabiskan seluruh karier profesionalnya di Italia, telah kehilangan tempatnya di tim yang kini dikuasai Etrit Berisha.

Meha (30) yang tumbuh di Jerman dan telah tujuh kali membela Albania, yang terakhir pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 menjamu Serbia pada Oktober.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada 2008, dan menghadapi perlawanan kuat dari Belgrade dalam upayanya untuk bergabung dengan badan sepak bola Eropa UEFA dan kemudian FIFA.

Gelandang Berisha (23), yang telah mencatatkan 20 penampilan untuk Norwegia, termasuk pada beberapa pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Ia lahir di Swdia dari orangtua yang merupakan imigran Kosovo, namun tumbuh di Norwegia. (an)

Dhedet Pratama

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment